Telat!!!

21.02 Abary 0 Comments

Telat!!

Hari senin pagi
14 januari 2013
Jam 06.01

Gue udah di mobil bareng kaka gw azkya dan ayah. Gue telat. Shit.

Ceritanya adalah gw tadi udah siap dari jam setengah 6. Ayah gw yang baru aja pulang ke indonesia mungkin masih kebiasa sama jam disana. Kaka gw azkya juga,masih kebiasa sama jam jatinangor mungkin. Gue cuma nunggu di mobil sampai jam 5.45 dan dongkol pas ayah gw akhirnya masuk mobil. Gue pasti telat.

Kita jalan dan pas mau keluar gang rumah udah macet, muter balik ke jalan lain dan berhasil ngakalin kemacetan, lurus terus kena macet dikit di lampu merah. Dan pas ada proyek jalan tol joglo....macet. Panjang. Fuck. I'm dead,senin lagi. Gue udah tau disitu gue cuma bisa nulis blog,ya nulis ini.

Gue pun jadi berfikir sama ke tidak ber tanggung jawabnya jam masuk sekolah ini. Untuk ukuran remaja, bangun jam 5 lazim karena gue muslim (solat subuh). Tapi berangkat jam setengah 6 dan ketakutan telat yang menghantui itu adalah nilai dari sebuah ke tidak tanggung jawaban nya sebuah peraturan dibuat. Gue udah masuk jam setengah 7 dari sd,tapi sd smp gue deket rumah,tinggal ngesot. Sedangkan sma gue itu 70,joglo - bulungan kira kira empat puluh menit perjalanan. Dan itu tidak mudah kalo macet nya kayak yang gue alamin sekarang.

Masuk jam setengah 7 bagi gue adalah hal yang berat untuk di tiban ke anak pelajar,harusnya pegawai negri yang ditiban kan kewajiban masuk pagi. Tentunya dengan etos kerja yang sekarang gue yakin 1000% kalo ada pns yang baca ini pasti bakal ketawa atau senyum senyum (tuh kan diem lagi,senyum aja kali,yee manyun) karena berfikir masuk pagi bikin males. Guru yang pns aja masih telat, itu aja masuk pagi. Gimana sama pns yang biasa yang malesnya luar biasa hebat. Malesnya,luar biasa hebat. Udah kerja gampang juga masih males *sigh* itulah etos kerja pns jaman kini. Sedangkan pelajar makin menderita karena jam masuk yang pagi sekali dan telat yang menderita.

Gimana sama metromini?
Gue udah sering sekolah naik metro mini. Minimal keluar jam 5.15 untuk nunggu metromini terus ngetem lagi,itulah ribet nya pelajar yang harus dibebankan untuk berfikir lebih banyak. Belom kriminal yang kalo pagi naujubile seremnya. Udah pagi masih gelap dan menyeramkan amat sangat... Beruntung juga hp gue ilang,jadi gw ga takut lah dicolong apa apa juga. Cuma ipod aja nih... *amit amit ya allah*. Gue pun kalo naik metromini siaga satu harus lirik sana sini dan kalo ada yang duduk di sebelah gue langsung setengah mati nilai dari ujung kepala sampe baju dan perkiraan profesi. Halah,ribet!

Gue juga berfikir,telat ini bodoh. Gue di kasih tau temen gue tika kalo temennya (tika sekolah di al azhar pusat 1) dikeluarin karena TELAT.


So fucking irrational.

Telat,dikeluarin. Masih mending gara gara berantem dikeluarin apa gimana. Ini adalah contoh yang sama masuk penjara karena nyolong ayam,so stupid. Sistem sudah merobah pola pikir kita,coba kita pake logika. Kalo seorang siswa berusaha sekuat tenaga mencapai sekolah dan nyampe sana dia malah dilarang masuk sekolah,bahkan disuruh pulang atau dikeluarin. Padahal semangat siswa itu tinggi untuk masuk sekolah dan belajar menuntut ilmu,tapi malah dilarang oleh peraturan. Inilah yang disebut kesalahan dalam sistem. Sistem pendidikan jakarta yang bobrok,udah masuk nya pagi banget,sekalinya telat malah disuruh pulang atau poin. Gue rasanya mau standing applause buat siswa yang sampe manjat pager sekolah hanya untuk masuk sekolah. Ini berarti semangat pelajar indonesia dan jakarta sangat amat besar dan sudah tidak bisa diajak kompromi bahkan bisa di manfaatkan untuk prestasi,namun sekali lagi,kita dibatasi.

Siswa sebagai korban sistem pendidikan yang salah ini cuma bisa menerima dan duduk diam karena kesalahan yang bahkan mereka enggak salah. Ini adalah bukti nyata kalau kita sudah dilarang salah,tidak ada lagi ruang untuk kesalahan sedangkan manusia pasti berbuat salah karena dia bukan manusia sempurna. There's no such thing is perfection as a human,sempurna itu milik tuhan,hanya dia.

Gue mau aja tulisan ini dijadikan provokasi untuk pak jokowi dan pak ahok sebagai bahan pertimbangan untuk kedepannya,gimana sistem pendidikan kita,kita lihat saja nanti.

Gue masih duduk di mobil. Sekarang setengah 7 dan gue cuma bergerak 100 meter dari awal menulis. Mati. Bodo amat ah sarapan aja dulu di blok m plaza terus nemenin ayah medical check up terus nanti sore latian softball terus terus terus....

Post terkait

0 comments: