Doa Bagi Para Penerus Pendidikan Tinggi

00.52 Abary 0 Comments

4 Juli 2016
21.41 Malam

Pada saat ini, universitas di seluruh penjuru Indonesia telah menerima sumber daya manusia baru melalui bermacam jalur. Baik jalur tulis SBMPTN 2016, maupun jalur undangan SNMPTN 2016. Beberapa akan merasakan kebahagiaan karena penerimaan dan banyak akan mengerti pentingnya mengambil pelajaran dari 'kegagalan' dan cara mengatasinya.
Waktunya masih terasa singkat. Karena setahun lalu, saya masih berada di tempat mereka. Berdoa, berharap, dan mencoba mencari satu kursi diantara ribuan penantang lain yang menginginkan tempat yang sama. The odds are none. Karena tidak ada yang tahu bagaimana selembar kertas bisa mengubah nasib seseorang.



CNN Indonesia bersama Hera F. Haryn menunjukkan statistika terbaru pada tahun 2016 mengenai ranking universitas terbaik di Asia, khususnya Indonesia. Penilaian didasarkan pada bermacam faktor. Memang, ranking hanyalah angka. Tetapi data dan ulasan professional memberikan dasar dalam mengevaluasi sesuatu.Ttenaga ahli telah menyisihkan waktu dalam mengolah data. Sehingga, evaluasi muncul dari pertimbangan panjang dan data yang mumpuni.

Dalam data yang diberikan CNN Indonesia, terlihat bagaimana universitas di Indonesia mengalami peningkatan dalam ranking asia. Tiga universitas besar Indonesia tetap mendominasi. UI, ITB dan UGM menapaki top three dari universitas di seluruh Indonesia.

Membanggakan, memang. Karena peningkatan dalam dunia pendidikan, berarti bangsa telah berhasil membina keselarasan pembangunan fisik dengan pembangunan manusia. Ada target yang ditetapkan lembaga negara. Dan peningkatan menunjukkan bagaimana target tercapai, dan membantu Indonesia memperbaiki kualitas sumber daya manusianya.

Sulit memang jika menargetkan Indonesia masuk kedalam jajaran top ten, apalagi top five. Kita harus mengakui negara asia yang dominan di bidang ekonomi seperti Singapura dan Hong Kong yang berhasil memuncaki ranking. Sebagai pusat perdagangan, sudah pasti manusianya telah jauh berkembang. Dengan pembangunan yang mumpuni, turut membantu negara dalam menjaga adidaya bangsanya di berbagai sektor kehidupan.

Namun, bukan berarti tidak mungkin! Betul apa yang Hera katakan. Sulit, untuk memasuki jajaran atas dari universitas universitas tersebut. Tetapi, tidak menutup ruang pergerakan Indonesia dalam memperbaiki diri dan menjajaki tangga ranking. Melalui usaha yang konsisten serta perbaikan di berbagai bidang, gue optimis dunia pendidikan Indonesia dapat berkembang kearah yang lebih baik. 

Karena harapan, adalah pilar utama dalam membangun sesuatu yang kuat.

Jika kamu berhasil menjadi sumber daya baru bagi universitas manapun, atau kamu berhasil mendapatkan kesempatan dalam pendidikan tinggi, jangan jadikan tren positif ini menurun. Berikan usaha dan kontribusi terbaikmu dalam proses pencarian ilmu dan Indonesia. Seraplah bermacam bentuk pendidikan dari berbagai hal dan berbagai sumber. Jangan sia-siakan kesempatan yang tidak datang setiap hari.

Pendidikan tidak hanya penting bagimu untuk memenuhi mandat konstruksi sosial, atau memenuhi kebutuhan pengakuan dari lingkungan. Pendidikan ada untuk memperbaiki kualitas manusia, menunjang dan membantu kegiatan individu, dan mencetak tenaga dalam negara membangun kesejahteraan bangsa. Pendidikan penting bagimu untuk mengisi ruang dalam hidupmu. Memberikan jawaban atas pertanyaan tentang dunia dan masyarakat, serta memberikan kesempatan bagi seluruh lapisan masyarakat menyamakan kedudukannya dengan semua kelas. Itulah mengapa pendidikan merupakan salah satu isu yang gue perdulikan secara utuh.


Berkuliah akan membuat matamu lebih terbuka tentang hal disekitar kita, saatnya bagimu pula, untuk menikmati masa muda sembari mengembangkan diri ke potensi tertinggimu. Ketika nanti kamu telah mencicipi sekelebat dunia pendidikan tinggi, pesan dari gue hanyalah jangan berhenti menuntut ilmu. Karena ilmu yang bermanfaat, tidak akan membohongi manfaatmu bagi masyarakat.

Post terkait

0 comments: