#GladToHear : OST Perahu Kertas

17.16 Abary 0 Comments

2 Agustus 2016
15.23 Sore

Di kantor gini, menuju jam 6 sore gue sudah males ngapa ngapain…gue putuskan untuk menulis

Album Art OST Perahu Kertas


Album yang dirilis pada tahun 2012 ini memang dibuat khusus untuk film Perahu Kertas, film yang diangkat dari novel buatan Dewi Lestari. Filmnya dibagi menjadi dua part, dan di waktu itu, gue hanya menonton part duanya karena diajak Tika, teman gue yang selalu mendukung perfilman Indonesia.

Ternyata setelah gue nonton filmnya… kok bagus ya.

Salah satu yang menarik perhatian gue, adalah scoring musiknya. Bagi gue, film ini punya musik yang cukup apik. Karena penasaran, gue pun langsung googling dan youtubeing mencari cari informasi dari album ini. Ternyata memang ada! Album original soundtrack ini berisikan delapan lagu yang cukup berbeda secara detail genre, tetapi punya kesamaan : semuanya enak didengar.

Track list dari album ini disusun dengan baik, sehingga kalau lo dengar album ini dari awal, secara nggak sadar lo sudah sampai di lagu terakhir. Memang, andalan dari album ini sudah pasti dari Maudy Ayunda yang sudah lebih dulu tenar dengan lagu Perahu Kertas-nya. Tetapi lagu lainnya nggak kalah juara kok



Lagu dari The Triangle, misalnya. Gue suka banget nih lagu, karena menurut gue galau disini berkelas. Permainan gitarnya juga asik dan smooth. Cocok banget untuk nemenin perjalanan subuh ke atas gunung atau siang hari kena matahari mau ke pantai. Ada permainan instrument kecil seperti terompet yang menambah kesan syahdu dan nordic. Travel friendly!

Meskipun Adrian Martadinata sudah mengeluarkan singlenya Ajari Aku ( yang juga dahsyat ), dalam album ini Adrian turut berkontribusi di album ini melalui lagu berjudul “Behind The Star”. Hands down nih, lagu terbaik juga. Lagu ini kalau nggak salah diputar ketika si Keenan berjalan naik mobil di sore hari Bali. Sehingga, sunset sunset oranye Bali yang juga mengundang hasrat untuk segera beli tiket pulang pergi dan berlibur tiga hari dua malam pun semakin menggoda.



Entah kenapa lagu lagu dari OST Perahu Kertas ini sangat enak untuk menemani perjalanan travel. Lagu “Langit Amat Indah” dari Rida Sita Dewi, misalnya. Dengan nada nada major membuai pendengar happy dan ingin melihat matahari. Bagi gue, salah satu kesenangan gue adalah melihat matahari dengan lagu yang membawa ambiance yang tepat. Jika kita melihat matahari tersebut melalui jendela mobil menuju pulau terpencil untuk menyendiri, bisa terbayang kan suasana liburan yang dibawakan lagu ini?

Setelah gue tonton kembali, ternyata memang Perahu Kertas ini film yang cukup baik bagi perfilman Indonesia. Ada tata acting yang baik, pemilihan pemain yang tepat, cerita yang cukup menarik (karena Dewi Lestari, tentunya), serta musik yang baik. Karena seperti yang kita ketahui, musik yang baik sudah pasti membawa nuansa yang baik kepada film tersebut.


#GladToHear

Post terkait

0 comments: