#GettingBetter : Combi Run 2016

19.38 Abary 0 Comments


13 November 2016
18.52 sore

Wah Jakarta lagi diguyur hujan nih. Tapi tadi pagi, gue baru saja ikut running event

Show some crew love!
@ui_runners on Instagram


Combi Run adalah event yang diadakan oleh sebuah korporasi yang bergerak di bidang makanan dan minuman kesehatan bergizi, Combiphar. UIR yang mendapatkan undangan menggoda gue dan beberapa teman untuk ikutan. Karena gue sudah mau bertanding di Olimpiade UI minggu depan ( H-7 coi ), gue pun memutuskan untuk ikut di 5K dengan target 25 menit. Bisa gak ya?

Gue pun memutuskan untuk pergi bareng dengan Muso ke lokasi lari di BSD. Agar mudah, Muso juga memilih untuk menginap di kosan gue. Memang gue yang hiperaktif, malam sebelumnya gue malah nonton Dongkrak Seni, acaranya Fakultas Teknik UI sampai jam 11 an malam. Ketika Muso datang juga kita malah ngobrol asik sampai jam 1an. Alhasil ketika subuh tiba tiba Muso menghidupkan lampu dan jam sudah menunjukkan pukul 5 pagi. Wah.. panic lah kita. Wildan yang juga turut nebeng malah memilih mandi bukannya bangunin kita. Dengan 10 menit waktu siap siap yang sangat terburu-buru, kita langsung lari ke mobil dan berangkat ke kost Wildan yang gak jauh dari kosan gue.

Namun karena kehidupan dan mata gue yang baru keangkat seperempat, lagi lagi kebodohan terjadi. Baju lari yang udah gue tempelkan nomor BIB malah ketinggalan di kosan, yang berarti gue harus kembali lagi. Aduh maaf ya teman teman… setelah itu kita langsung ngebut ke BSD deh. Sesampainya disana, ternyata Race untuk 5k dimulai pada pukul 6.20. Kita masih sempat untuk ke toilet dan warming up terlebih dahulu, dan sempat ketemu dengan Naufal juga. Ketika jalan ke starting line, barulah kita tau kalau countdown udah mau dimulai, jadilah kita langsung buru-buru mempersiapkan diri.

Yang masih berkuliah di UI Runners
From left to right :
Rama, gue, Wildan, Muso, Naufal
All except me, representing the Faculty of Economics

3..2..1.. dan mulai! Gue pun langsung menghidupkan GPS dan lagu. 5K kali ini gue memiliki target utama yaitu 25 menit dan target aman 30 menit. Strategi gue adalah mencari pace yang enak untuk kilometer pertama dan maintain pace tersebut hingga akhir waktu lari. Salah satu pengalaman yang seru kali ini bukan hanya track yang berada di BSD yang pertama kali gue cicipi, tetapi juga kondisi cuaca. Hujan coi! Lari kali ini agak dingin dan hujan, tapi tetap gue bertekad untuk mendapatkan target tersebut.

Sampai kilometer pertama, gue mendapatkan pace 5.40. Not bad, gue pun sempat melihat kak Intan tapi karena masih berniat untuk lari cepat gue memutuskan untuk terus berlari. Sampai di water station sekitar kilometer 2.5, air yang diberikan adalah air isotonic dengan segelas penuh! Gue pun tetap berlari kecil dan berusaha meminum air tersebut. namun karena banyaknya kuantitas cairan, gue sempat tersedak dan harus berhenti sebentar. Tapi setelah itu, gue langsung berlari kembali.

Boys of the UIR


Gue berhasil memaintain pace gue di 5-6. Avg pace yang gue miliki di KM 3 adalah 5.32, semakin memacu gue meskipun perut gue mengalami kram karena minum tadi. Di kilometer empat gue sempat malas sedikit, namun ketika melihat ada anak yang lebih muda usianya dari gue dan berhasil mendahului gue, disitulah gue tahu kalau gue nggak boleh ngalah dengan target gue.

Menuju kilometer terakhir, ketika cheering squad sudah mulai ramai dan garis finish mulai terlihat gue pun segera meledakkan lari dan melaksanakan one last push ke garis finish. Dan berhasil! Gue mencapai personal best untuk 5k gue, yaitu 28 menit. Meskipun tidak mencapai waktu 25 menit, gue merasa sangat bangga dan senang dengan hasil tersebut.

Abshararyun.com // Combi Run Medallion - Back
Abshararyun.com // Combi Run Medallion - Front


Gue pun segera mengambil refreshment dan bertemu dengan teman teman UIR. Sempat bertemu juga dengan teman-teman UI Track and Field karena mereka juga beberapa mengikuti Ekiden dan 10k serta 5k. Gue pun melanjutkan sesi kebersamaan UIR dengan foto-foto dan keriaan bersama. Seru!
Nah, gue memohon doa untuk kalian para pembaca karena minggu depan tanggal 20 November 2016 gue akan mewakili FISIP UI dalam Olimpiade UI cabang 10Kilometer. Semoga bukan hanya hasil terbaik yang gue dapatkan, namun bisa juga membanggakan FISIP. Amin…




Today, Tomorrow, and Everyday I’m always #gettingbetter

Post terkait

0 comments: