UTS Pengantar Desain Grafis (DKV 1)

22.16 Abary 0 Comments

Abshar Aryun
1506756242
Ilmu Komunikasi UI

Penjelasan Karya
Disusun untuk memenuhi UTS Matakuliah PDG

A. Tipografi

Poster Tipografi DKV 1
Disusun dengan warna dasar hitam, saya memilih warna hitam agar tercapai kesan kesendirian dan kebingungan seseorang, yang kadang berbahaya apabila didiamkan. Kontras dengan warna hitam adalah putih, sebagai warna teks pada poster. Putih diatas hitam bagi saya, merupakan tanda penekanan terhadap pesan yang ingin disampaikan. Saya menggunakan teknik shadowing pada kata berganti, dengan maksud menunjukkan arti berganti itu sendiri. Berevolusi, juga berarti memilih untuk berubah. Dalam hidup, tidak ada yang konstan, selain perubahan itu sendiri.

Agar kesan filosofis semakin tercapai, saya menambahkan sebuah bentuk lingkaran sebagai tanda perputaran roda hidup, yang terkadang bisa berada di atas, namun juga bisa berada di bawah. Saya juga menambahkan aksen garis biru dan merah, dengan warna biru lebih dominan dibandingkan warna merah dalam hal panjang garis. Elemen ini mengartikan garis hidup yang berjalan layaknya proses, membutuhkan waktu untuk tumbuh, berkembang.

Tipografi yang digunakan dalam karya ini adalah font “IM Fell English Small Caps” pada tulisan kutipan. Saya memilih font ini karena font tersebut menunjukkan kesan klasik. Pada tulisan pencetus kutipan, saya menggunakan font “Allegreya Small Caps” dengan tujuan memunculkan kesan tegas. Kedua font ini saya gunakan karena gabungan keduanya memunculkan perpaduan yang proporsional, tidak terkesan tua dan kuno, tapi bisa terlihat mudah untuk dibaca, namun tetap memberikan efek pada psikologis pembaca.


Poster ini saya susun dengan ide yang simple dan tidak bertele-tele. Awalnya, saya sedang mendengarkan lagu dari sebuah band lokal, Banda Neira, yang membacakan sebuah lirik yang cukup menyenangkan hati. Yang patah tumbuh, yang hilang berganti. Tidak banyak yang bisa saya katakan, namun hal tersebut seperti memberikan semangat kepada saya akan hari esok yang lebih baik.

B. Desain Produk


UTS DKV 1 Desain Produk


Saat membuat poster ini, warna merah langsung menjadi top of mind saya. Warna merah saya gunakan sebagai warna latar dari poster ini. Meskipun begitu, saya memilih warna merah yang masih memiliki shade oranye, sehingga merah tersebut tidak telalu mendominan dan menyolok mata. Saya menggunakan beberapa gambar gula jawa (repetisi) pada bagian atas dan bawah poster, dengan maksud menunjukkan apa itu gula jawa, dan membantu memunculkan poin fokus pada poster, yaitu bagian tengah dari poster. Saya juga menambahkan elemen panah dengan 4 partisi, dengan arti bagian demi bagian kemajuan / progress setelah mengonsumsi gula jawa.

Untuk head copy, saya menggunakan warna coklat muda sebagai warna teks. Warna tersebut bergabung dengan baik bersama dengan warna latar. Kemudian, copy dalam poster diberikan warna putih dengan maksud tetap menarik minat membaca dari publik namun tidak keluar dari palet warna atau bersifat terlalu kontras. Secara keseluruhan, kewarnaan yang saya pilih untuk poster ini bersifat pastel.

Untuk font, saya menggunakan font “Kneewave” pada copy gula jawa. Font ini saya pilih karena bersifat muda, dinamis, dan mudah dibaca. Font “League Spartan” digunakan dalam copy tagline dengan maksud memperbaiki kadar ‘main-main’ poster dan bisa menegaskan pesan yang ingin diberikan. Font “Aileron Thin” saya pilih untuk body copy yang menjelaskan bagaimana produk bisa berguna terhadap konsumen.

Sesuai dengan riset yang sudah dilakukan, gula jawa adalah sebuah rempah manisan yang berfungsi baik untuk kebugaran serta stamina tubuh. Dalam hal berolahraga, gula jawa bisa dikonsumsi sebelum berolahraga dan meningkatkan performa seseorang dalam berolahraga. Sehingga, tagline yang saya konsepkan adalah “Manisnya Berlari Tanpa Takut Berhenti”, dengan olahraga berlari sebagai olahraga universal yang bisa dilakukan semua orang, publik bisa menambah kemampuan berolahraga mereka apabila mereka mengonsumsi gula jawa.


Footnote
Despite on how crap my design was, it was a fun work to do for me. Graphic design will be surely my new way to express the emotions that runs through. Not only it grasps the feeling, it also gives me new waves with unlimited techniques to convey messages. A first timer on it's own.

Bonus
Karya sebelum revisi













Post terkait

0 comments: