UAS Pengantar Desain Grafis (DKV 1)

21.18 Abary 0 Comments

Abshar Aryun – 1506756242
Deskripsi Karya
UAS Matakuliah Pengantar Desain Grafis (DKV 1)


Penjelasan Karya
Disusun untuk memenuhi UAS Matakuliah Pengantar Desain Grafis (DKV 1)


UAS DKV 1 Abshararyun.com



Billboard adalah judul dari UAS desain kali ini, masih dengan tema lama seperti UTS yaitu ‘gula jawa’. Berbeda dengan poster, ada lebih sedikit elemen yang digunakan dalam billboard, dan saya memilih untuk menekankan aspek fotografi pada karya desain kali ini.

Saya ingin mendapatkan hasil foto yang maksimal untuk desain kali ini, sehingga saya memotret dua potong gula jawa pada sebuah studio mini yang terbuat dari karton putih dan lighting datang dari senter handphone. Menggunakan kamera dengan lens macro, memotret gula jawa sebagai fokus utama desain. Ide desain sederhana, yaitu menyampaikan gula jawa tidak semanis gula lainnya namun melalui metamessage dan disampaikan secara humoris sehingga bisa menarik perhatian khalayak untuk melihat desain.

Untuk tipografi, saya menggunakan font ‘Caviar Dreams Pro’ dengan warna hitam dan warna merah pada copy ‘kamu’ agar kesan romantis dan humor bisa tercapai. Saya memilih menggunakan font ini karena saya masih bisa melihat bagian serius dan bagian komedi tersinkron dengan baik pada font ini.
Palet warna yang digunakan tidak dominan karena fotografi adalah elemen utama dari desain. Warna merah pada copy ‘Kamu’ saya berikan untuk menghindari kesan ‘warehouse’ yang membosankan dan sedikit membawa kesegaran. Warna juga datang dari foto gula jawa dan beberapa logo yang disematkan.

Untuk elemen desain, fotografi gula jawa disematkan sebagai focal point desain. Head copy sebanyak dua garis dialokasikan pada bagian tengah atas desain. Pada bagian kiri atas, logo halal, logo 100% Indonesia diberikan sesuai brief penguji. Pada bagian kiri bawah desain, logo pribadi disematkan sesuai brief penguji. Elemen yang minimalis digunakan agar pesan bisa tersampaikan dengan baik dan khalayak bisa menikmati desain dengan mudah


Gula jawa adalah sebuah rempah yang romantik, manis namun tidak memabukkan. Warnanya cokelat, meskipun tidak menggugah, namun menyimpan misteri bagi para pecintanya. 

Post terkait

0 comments: