Apalah Arti Sebuah Nama

10.32 Abary 0 Comments

16 Juni 2017
09.31 Pagi

Apa ya arti dari sebuah nama ?



Ide dari tulisan ini datang ketika Samsung meluncurkan kampanye Ramadhan mereka. Sebagai anak iklan, seru untuk melihat iklan dan kampanye baru. Seru untuk menganalisis iklan dan kampanye dari brand, mencari apa kekuatan dan kelemahan dari kampanye tersebut, serta ide yang mendasari kampanye tersebut.

Nama gue, pada aslinya terdiri dari dua kata. Abshar Aryun, yang berarti, Abary adalah nama buatan. Coba baca ini nah, dikarenakan kampanye terrsebut, gue jadi tertarik untuk mempelajari arti nama gue sendiri.

Setelah gue cari tahu lebih lanjut, nama Abshar merupakan kata yang berasal dari Bahasa arab dan perancis. Abshar adalah nama yang diberikan oleh orang tua gue ketika gue lahir. Kata mereka, nama gue artinya penglihatan. Nama tersebut berbanding terbalik dengan kenyataan bahwa gue memakai kacamata sejak kelas 1 SD hingga saat ini. Sekarang, gue sudah minus 3 di mata kiri dan dua seperempat di mata kanan, ditambah silinder yang gue lupa pengukurannya, kombinasi yang membuat mata gue agak blur tanpa alat bantu kacamata.  Wah, udah 14 tahun juga gue pakai kacamata.. jelas lah gue ingin lasik. Mungkin kacamata gue sudah hampir lebih selusin kalua di jejerkan, antara ilang, rusak, pecah, dan lain-lain. Intinya, nama yang berarti penglihatan tersebut tidak berarti penglihatan yang sempurna pula.

Sedangkan aryun berarti putih dalam Bahasa sansekerta. Aryun bukanlah hal demikian, karena Aryun adalah singkatan dari nama ayah gue, Ahmad Ridha Joenoes (Yunus) yang disingkat Aryun. Namun ketika gue cari, ada arti untuk nama tersebut. Putih, hm.. ketika kecil gue memang putih bahkan seputih susu. Mami bilang, gue jarang banget main keluar rumah, sangat kontras dengan ketika gue SMA yang kerjaannya nongkrong diluar terus atau latihan dibawah matahari terik, membuat gue sangat gosong matahari dan putih tersebut memudar. Wajah gue juga bukanlah wajah yang bersih bersinar seperti mereka yang ada di sampul majalah, membuat gue semakin meragukan arti nama tersebut.

Tapi, apa sih sebenarnya arti dari sebuah nama?

Ketika gue bingung, gue pun berusaha melihat hal tersebut dari aspek yang lain. Misalnya, Abshar yang berarti penglihatan.  Gue memang belum memiliki penglihatan sempurna secara fisik, belum bisa memalingkan pandangan dari nafsu, belum bisa juga menanamkan konsep pandangan sebagai hal yang bermanfaat untuk diri sendiri. Gue berusaha sebisa mungkin untuk live up to my name. Pandangan, juga bisa berarti pemikiran. Berusaha memperbaiki diri dan mendewasakan pemikiran juga bisa berarti sama dengan menanamkan penglihatan yang bermanfaat bagi diri kita. Dengan memperluas pemikiran, yang juga berarti memperluas khazanah ilmu, juga memperluas pandangan akan dunia. Semakin banyak gue belajar, semakin banyak pula gue berusaha memahami akan dunia, hidup, dan berbagai macam hal lainnya. Hal tersebut, tidak bisa didapatkan hanya dengan sekelebat mata, namun datang dari pengalaman dan berbagai macam media pembelajaran.

Selain itu, mami pernah bilang ke gue kalua Aryun itu juga berarti suci. Gue jelas adalah seorang pendosa, yang belum berani untuk memperlihatkan kepada dunia bagaimana dosa-dosanay diperlakukan layaknya tokoh anak muda jaman sekarang. Tutupi aibmu bagaimana engkau menutupi rahasiamu, kata orang. I tried to live up to my name, tapi sepertinya memang sulit untuk terus menjadi orang yang bersih dan suci. Namun buat gue, putih bisa juga berarti kosong, bersih, dan tidak penuh. Bisa di isikan dengan berbagai macam hal, bagi gue, sebagai bentuk gue belajar, berusaha mewarnai sebidang putih. Hm, antara bisa dipercayai dan menarik ya
Well anyway, it is just a name anyway.


Post terkait

0 comments: