Beberapa Pengertian

14.28 Abary 0 Comments

Kapitalisme Menurut Kamus Oxford, Kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri, dan alat produksi dikendalikan oleh sektor swasta dengan tujuan membuat keuntungan dalam ekonomi pasar. Pada teorinya, pemilik modal boleh melakukan praktik pasar untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, sehingga pemerintah tidak melakukan campur tangan pada pasar demi keuntungan bersama, melainkan campur tangan pemerintah dilakukan secara sebesar-besarnya untuk keuntungan pribadi.

Contoh : Meriska berusaha membuka usaha di bidang catering untuk mencari nafkah, ia mendapatkan suntikan dana dari seorang investor. Selang tiga tahun, bisnisnya telah berkembang. Ia berencana membesarkan usahanya sehingga bisa dikenal seluruh provinsi hingga nasional.

Sosialisme menurut ensiklopedi Britannica, sosialisme adalah sebuah sistem ekonomi yang merujuk kepada alat produksi dan manajemen ekonomi yang dimiliki secara sosial. Pada teorinya, rakyat memiliki dan mengatur sistem ekonomi agar kesejahteraan Bersama dapat dicapai, dala praktek teorinya, dimiliki oleh negara.

Contoh : Desa Solokertajasa memiliki sawah yang digarap bersama oleh seluruh desa dan hasilnya dinikmati bersama.

Komunisme menurut ensiklopedi Britannica adalah sebuah ideologi yang filosofi, politik, sosial dan ekonomi yang bertujuan untuk menciptakan masyarakat komunis, dimana tidak ada kepemilikan individu atas faktor produksi, dan tidak adanya kelas sosial, uang, dan negara di dalam masyarakatnya.

Contoh :  Negara Markisme menerapkan komunisme sebagai ideologi kebangsaan, sehingga semua faktor produksi dimiliki dan diatur oleh negara dan tidak ada ‘si kaya dan si miskin’.

Neoliberalisme menurut University of Oslo, neoliberalisme adalah sebuah paham ekonomi yang memfokuskan pada perdagangan bebas dan pasar bebas. Paham ini berusaha mengurangi atau menolak campur tangan pemerintah dalam ekonomi domestic sebagai usaha menghindari korupsi dan gangguan dari pemerintah.

Contoh : Alvin adalah salah satu manager perusahaan TonyQ yang tidak ingin jajaran pimpinan masuk dalam pengambilan keputusan bisnis. Alvin ingin keputusan bisnis perusahaan diambil oleh Alvin sendiri dengan anggapan dapat memajukan bisnis perusahaan ke arah positif.

Perdagangan Bebas menurut Joyce Appleby, adalah kebijakan di mana pemerintah tidak menerapkan diskriminasi dalam praktik ekspor dan impor. Pada perdagangan bebas, ada sedikit sekali bahkan tidak ada sama sekali pembatasan perdagangan yang dilangsungkan.

Contoh : Area perdagangan bebas Uni Eropa memperbolehkan setiap negara melakukan pertukaran barang dan jasa dengan sedikitnya hambatan dari pemerintah.

Pasar Bebas menurut dosenekonomi.com adalah salah satu bentuk pasar dimana segala bentuk kebijakan baik harga maupun yang lainnya tidak memiliki patokan atau paksaan dari pemerintah ataupun pihak lainnya.

Contoh : Negara Arabica Kosta tidak menerapkan kebijakan harga eceran terendah pada industri farmasi.

Multi National Company / Trans National Company menurut Businessdictionary.com adalah perusahaan atau organisasi yang bergerak dan melangsungkan bisnisnya pada lebih dari satu negara dan tidak menetapkan satu negara sebagai ibu negara perusahaan. 

Contoh : Nestle melaksanakan bisnisnya pada lebih dari satu negara pada hapmir seluruh belahan dunia.

Referensi
Kapitalisme. 2014. Dalam Kamus Bahasa Inggris Oxford. Diambil dari www.id.oxforddictionaries.com
Sosialisme. 2010. Dalam Ensiklopedi Britannica. Diambil dari www.Britannica.com
Komunisme. 2010. Dalam Ensiklopedi Britannica. Diambil dari www.Britannica.com
Appleby, Joyce. 2010. The Relentless Revolution: A History of Capitalism.  New York: W.W. Norton & Company

http://dosenekonomi.com/bisnis/pengertian-pasar-bebas (Diakses pada 9 September 2017, pukul 22.20)

ditulis untuk memenuhi tugas Matakuliah Komunikasi Global
Bukan untuk keperluan akademis, dimasukkan kedalam blog setelah pertimbangan penulis sendiri
ada salah? berikan komentar dan mari berdiskusi

www.abshararyun.com

Post terkait

0 comments: